Create your own Hexatar

27 April 2012

Mengutip Tweet dalam Tulisan Ilmiah

Tweet dalam Twitter semakin diakui dan bahkan diperbolehkan oleh MLA (Modern Language Association) untuk dikutip dalam tulisan ilmiah. Tentu saja kutipan ilmiah demikian juga harus difilter oleh para pengutip sesuai "kelayakan" ilmiah. Berikut cara mengutip tweet dari Twitter yang dikutip dari situs MLA di www.mla.org.

Nama Belakang, Nama Depan. (User Name). "Keseluruhan tweet tanpa dipotong." Tanggal, Jam. Tweet.

MLA secara spesifik menyebut Twitter sebagai sumber tweet yang dimaksud, artinya sementara tweet dari sumber lain belum diatur. Apabila nama belakang dan nama depan tidak ada, maka bisa hanya menggunakan user name tanpa diberi kurung. Menarik juga melihat standar tersebut tidak mencantumkan alamat URL, apalagi kita tahu sungguh sulit mencari (search tweet) di Twitter atas suatu tweet yang spesifik. Jika demikian, akan cukup sulit membuktikan kebenaran sumber kutipan karena sulitnya melacak balik tweet asli (tracing back).

Apakah di Indonesia bisa mulai dipakai di skripsi, thesis, disertasi, jurnal? Tergantung ketentuan masing-masing institusi penerbit tentunya. Atau sudah ada yang mendengar dari Pusat Bahasa Kemdikbud tentang hal ini? Silahkan periksa situs mereka di http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/.

Sumber: Blog Hikmah Teknologi 

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...