Create your own Hexatar

03 March 2012

Lampu Jalanan Pertama di Dunia

Tahukah anda bahwa kota Paris di Prancis adalah kota pertama di dunia yang memasang lampu penerangan di jalanan kotanya. Ternyata kejadian bersejarah itu terjadi sebelum lampu listrik ditemukan. Edison menemukan lampu listrik pada tahun 1879. Paris menggunakan lilin dalam kotak lampu kaca sebagai lampu jalanan yang dipasang pertama kali pada tahun 1667. Sebelum itu, jalanan kota-kota seluruh dunia selalu dalam keadaan gelap di malam hari. Kehidupan malam pada saat itu dipersepsikan hanya untuk para kriminal, WTS dan pemabuk.

Setelah Paris, kota berikutnya yang menyusul adalah tetangganya Lille pada tahun yang sama. Kota Amsterdam menyusul setelah itu pada tahun 1669. Pada saat itu lampu yang digunakan sudah lebih maju dan efisien menggunakan lampu minyak.


Kota London yang termasuk kota terbesar di Eropa pada saat ini baru diterangi lampu jalanan pada tahun 1684, sekitar 15 tahun setelah Paris, sungguh waktu yang sangat panjang untuk ukuran kita saat ini. Setelah itu hingga akhir abad ke-17 tersebut terdapat 50-an kota besar Eropa lain juga sudah diterangi lampu jalanan.

Tidak gampang mengurusi lampu jalanan dengan teknologi yang tersedia saat itu. Leipzig, kota kecil di Jerman bagian tengah mengupah 100 petugas khusus untuk mengurusi lampu-lampu jalanan yang ada di kota tersebut.

Kehidupan masyarakatpun berubah. Kehidupan malam mulai marak dan menimbulkan berbagai macam dampak sosial dan kultur.

Catatan sejarah di Indonesia? Mohon maaf saya belum bisa menemukannya. Ada yang bisa membantu memberikan informasi?

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...