Create your own Hexatar

18 June 2010

Tim Amerika Selatan Bersinar di Piala Dunia 2010

Tulisan ini dibuat setelah semua tim melakukan pertandingan pertama dan Grup A baru saja menyelesaikan pertandingan kedua. Piala Dunia 2010 yang diadakan di benua Afrika ternyata benar-benar membawa petaka bagi tim nasional dari Eropa dan juga benua tuan rumah Afrika. Tim dari Amerika Latin bersinar terang dan bisa jadi kandidat terkuat untuk menjadi Juara Dunia 2010, tim-tim yang saya maksud adalah Brazil, Argentina, Meksiko, Uruguay, Chile dan Paraguay.

Argentina dengan sihir Maradona menjadi tim pertama yang lolos ke babak berikut. Membantai Korea Selatan 4-1 setelah menang 1-0 atas Nigeria. Hal penting lain, Gonzalo Higuain memimpin persaingan perebutan Sepatu Emas dengan hattrick melawan Korea Selatan. Biasanya tim Juara Dunia juga mendapatkan Sepatu Emas. Menurut saya, hal terpenting yang bisa membuat Argentina sebagai tim kandidat terkuat adalah konsep 3 striker mereka yang sangat agresif. Trio Tevez, Higuain dan Messi dengan cadangan Aguero dan Milito. Peran Lionel Messi sebagai pemain terbaik dunia juga saya yakin akan sangat krusial di pola permainan menyerang mereka. Walau tetap meragukan di lini belakang, namun Argentina pada titik ini adalah kandidat terkuat Juara Dunia 2010.



Tanpa Veron di pertandingan kedua, ternyata malah membuat Argentina menjadi lebih agresif. Inilah tim inti mereka saat membantai Korea Selatan dan saya yakin akan dipertahankan oleh Maradona sebagai the winning team hingga final nanti.

Sergio Romero (penjaga gawang)
Walter Samuel (bek tengah)
Martín Demichelis (bek tengah)
Gabriel Heinze (bek kiri)
Jonás Gutiérrez (bek kanan)
Javier Mascherano (gelandang tengah)
Ángel Di María (gelandang kiri)
Maxi Rodríguez (gelandang tengah)
Gonzalo Higuaín (penyerang tengah)
Carlos Tévez (penyerang kiri)
Lionel Messi (penyerang kanan)

Brazil sangat tenang dan percaya diri walaupun sempat kebobolan 1 gol dari tim misterius Korea Utara. Mereka menang tenang, menang pengalaman, dan menang percaya diri pada pertandingan pertama. Jika Brazil bisa konsisten di pertandingan berikut, mereka hampir pasti bisa masuk semi final bahkan final dengan mudah. Namun faktor Kaka yang kurang bersinar lagi akan menjadi faktor penting yang membuat Brazil akan sulit mencapai puncak.

Meksiko adalah tim yang juga sangat kuat dan bisa jadi kuda hitam. Seri di pertandingan pertama dengan tuan rumah Afrika Selatan 1-1, mereka kemudian membantai Prancis yang memang penuh masalah dengan 2-0.

Uruguay punya kartu As yang saya pikir akan membuat mereka menjadi musuh yang menakutkan bagi siapapun. Dia adalah Diego Forlan yang hampir mencetak hattrick saat membantai tuan rumah Afrika Selatan. Uruguay tahun ini jelas berbeda dengan tim mereka sebelumnya, lebih dinamis dengan banyak pemain berkualitas yang bermain di Eropa seperti Luis Suarez yang mengkilap di Ajax Amsterdam dan Alvaro Pereira di Porto.

Baca tulisan ini dalam versi lebih rapi di Kompasiana.com

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...