Create your own Hexatar

19 April 2009

Toko Pempek Online, Bisakah Sukses?

Karena lama tinggal di kota Jambi yang dekat Palembang dan banyak persamaannya dalam hal budaya termasuk makanan, maka saya adalah penggemar berat pempek Palembang. Namun tidak mudah mencari pempek yang mantap di kota saya di pulau Kalimantan ini. Kalau pun ada biasanya rasa relatif beda, dan biasanya yang enak harganya mahal.

Ternyata sekarang ada juga yang jualan pempek online, bahkan pengelolanya sampai memasang iklan di Facebook untuk mempromosikan toko digital ini. Harga relatif lah... sama dengan kalau kita beli pempek di kota Palembang terus dibawa sebagai oleh-oleh. Bisa langsung dikirim ke rumah kita. Alamatnya di http://pempekcekma.com/ Isi toko online nya juga cukup informatif lengkap dengan jenis, foto dan harga, pesan juga tampaknya gampang. Namun saya belum berniat membeli, karena membayangkan jauhnya mengirim paket dari Palembang ke Samarinda. Jangan-jangan rusak di jalan pempeknya. Anda mau coba, monggo...

Kalau melihat pengalaman Amazon.com saat mengembangkan bisnis toko online dulu, memang salah satu kunci suksesnya adalah barang yang dijual harus cukup kecil agar dapat dengan mudah dikirim melalui pos atau kurir, murah ongkos kirimnya, tahan banting dan tidak gampang rusak di perjalanan, namun memiliki nilai uang yang cukup besar sehingga masih bisa dapat profit margin cukup. Tidak kalah pentingnya, produk haruslah sesuatu yang cukup populer dan memiliki pasar luas sehingga volume penjualan bisa besar. Saat itu Amazon memilih buku yang memang pas dengan pasar Amerika.

Apakah kriteria ini masuk dalam kasus toko online pempek ini? Kita lihat bersama perkembangannya...

Beberapa cuplikan informasi tentang pempek dari situs tersebut yang bahkan saya tidak tahu sebelumnya.

Kelebihan Pempek Kota Palembang Cekma

1. Asli dari Palembang
Kami adalah toko online pempek asli dari Palembang, pempek yang anda pesan akan kami kirim langsung dari Palembang. Dengan jasa pengiriman JNE paket Yakin Esok Sampai, pempek pesanan Anda akan sampai dalam waktu 1 x 24 jam sejak hari pengiriman.

2. Rasa Berkualitas dan Tanpa Bahan Pengawet
Mengutamakan rasa yang lezat serta tidak menggunakan bahan pengawet adalah kelebihan kami. Perlu diketahui bahwa cukup banyak toko pempek terkenal di Palembang yang menggunakan bahan pengawet, disamping tidak baik untuk kesehatan, juga dapat mengurangi citarasa dari pempek tersebut.

3. Pempek Di buat Langsung oleh Cek Ma
seorang asli kelahiran Palembang, puluhan tahun telah bekerja membuat pempek. Pernah bekerja di berbagai Toko Pempek terkenal, toko pempek di Pasar Cinde, hingga telah melayani pesanan untuk catering, pesta, dan berbagai acara pemerintahan.

4. Harga Murah dan Terjangkau tersedia dalam paket-paket pempek
Kami menyiapkan paket pempek dengan harga yang amat murah dan terjangkau. Kami telah mendesain paket sesuai dengan berat per kilogram, mengoptimalkan biaya pengiriman yang anda keluarkan. Semua Paket pempek akan dikemas dan dibungkus rapi. Harga yang kami berikan sudah termasuk Kuah Cuka yang lezat.

Sejarah Pempek

Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek adalah pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya.

Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Cuko adalah teman makan pempek yang setia, dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Ada juga cuko manis bagi yang tidak menyukai pedas.

Jenis pempek yang terkenal adalah “pempek kapal selam” adalah telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama “ada’an”), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting.

Pempek bisa ditemukan dengan gampang di seantero Kota Palembang. Ada yang menjual di restoran, ada yang di gerobak, dan juga ada yang dipikul. Juga setiap kantin sekolah pasti ada yang menjual pempek. Tahun 1980-an, penjual pempek bisa memikul 1 keranjang pempek penuh sambil berkeliling Kota Palembang jalan kaki menjajakan makanannya!. Pempek sekarang ada dua jenis yaitu Parempek campuran antara Pare dan Pempek.

Menurut sejarahnya, pempek telah ada di Palembang sejak masuknya perantau Cina ke Palembang, yaitu di sekitar abad ke-16, saat Sultan Mahmud Badaruddin II berkuasa di kesultanan Palembang-Darussalam. Nama empek-empek atau pempek diyakini berasal dari sebutan “apek”, yaitu sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina.

Berdasar cerita rakyat, sekitar tahun 1617 seorang apek berusia 65 tahun yang tinggal di daerah Perakitan (tepian Sungai Musi) merasa prihatin menyaksikan tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi. Hasil tangkapan itu belum seluruhnya dimanfaatkan dengan baik, hanya sebatas digoreng dan dipindang. Si apek kemudian mencoba alternatif pengolahan lain. Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan bersepeda keliling kota. Oleh karena penjualnya dipanggil dengan sebutan “pek … apek”, maka makanan tersebut akhirnya dikenal sebagai empek-empek atau pempek.

Namun cerita rakyat ini patut ditelaah lebih lanjut karena singkong baru diperkenalkan bangsa Portugis ke Indonesia pada abad 16. Selain itu velocipede (sepeda) baru dikenal di Perancis dan Jerman pada abad 18. Walaupun begitu sangat mungkin pempek merupakan adaptasi dari makanan Cina seperti baso ikan, kekian ataupun ngohyang.

Pada awalnya pempek dibuat dari ikan belida. Namun, dengan semakin langka dan mahalnya harga ikan belida, ikan tersebut diganti dengan ikan gabus yang harganya lebih murah, tetapi dengan rasa yang tetap gurih.

Pada perkembangan selanjutnya, digunakan juga jenis ikan sungai lainnya, misalnya ikan putak, toman, dan bujuk. Dipakai juga jenis ikan laut seperti Tenggiri, Kakap Merah, parang-parang, ekor kuning, dan ikan sebelah.

12 comments:

toko pempek online said...

artikel yang menarik. memang sekarang ada2 saja, semua bisa dionlinekan. kalo dulu cuma produk digital, sekarang makanan pun sudah dionlinekan. dari pempek palembang seperti pempeklenjer.com, yang asli dari palembang yang bisa diliat dari alamat dan no telp, ada banyak lagi produk makanan yang dijual. saya pengen tau banyak nih tentang kota samarinda dengan makanan khasnya? siapa tau bisa dipromosikan juga di pempeklenjer.com?

Anonymous said...

Apapapun, klo serius ngerjainnya pasti bisa sukses,apalagi soal pempek,......hhmmm.....yummy?
Saya juga penggemar berat makanan Pempek Asli Khas Palembang? Di Bogor juga ada yang jual Pempek yang uueeenaak dan maaanntaaaps?!, seperti di Kota asalnya Palembang, …….yang pasti sich…. siiiips dech kualitas dan rasanya,... lokasinya di Perumahan Ciomas Permai namanya " PEMPEK XENA “, Pempek Palembang Asli dengan Ikan Tenggiri, salam....dari penggemar " PEMPEK XENA "

busana muslim said...

Ingat pempek ingat masa sekolah dulu setiap liburan saya selalu liburan di kota palembang, hampir setiap hari saya makan pempek, dari yang pinggiran sampe yg dijual di outlet outlet yang terkenal, jadi kangen nih sama pempek :D

Ophelia said...

Paling enak dari Pempek adalah kuahnya.. Hmmm Nyumie ...


Mau share info juga,
ada sarana untuk jual beli dan pasang iklan gratis. Bisa buat toko online juga lagi.. GRATIS !!!

busana muslim said...

Ingat pempek ingat masa sekolah dulu setiap liburan saya selalu liburan di kota palembang, hampir setiap hari saya makan pempek, dari yang pinggiran sampe yg dijual di outlet outlet yang terkenal, jadi kangen nih sama pempek :D

Busana muslim

busana muslim said...

Kangen sekali makan empek2 yg asli dari palembang, seger bgt cukanya + pempeknya kalau di goreng garing mantapp

jasa seo said...

wehhhhh....pempek2 ada toko online juga ya...kalau mesen diluar kota gimana ngantarnya

Busana Muslim Model Terbaru said...

kalau pempeknya dikirim di daerah jauh masih OK gak?

jual baju anak said...

emang laku ya?

JAYAVO said...

Pasti bisa sukses!

Pempek Online said...

Pempek Online salah satu peluang usaha. Enaknya penggemar pempek ini banyak, sudah menasional. Tinggal pintar2 memilih Pempek Online mana yang rasa pempek can cukonya mantabb.

Kemeja Batik Pria said...

saya sakin bisa sukses, soalnya sudah mudah untuk beli sesuai secara online...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...