Create your own Hexatar

12 January 2009

Mountain Dew dan Minute Maid

Hingga hari ini saya masih heran kenapa minuman bernama Mountain Dew produksi Pepsi Co. tidak pernah diedarkan di Indonesia. Mountain Dew adalah produk minuman rasa lemon yang cukup pupuler di negeri asalnya Amerika serta di tempat lain di dunia ini. Namun kita tidak akan menemukannya secara resmi di Indonesia, seperti minuman lain sejenisnya seperti 7up, Sprite atau Fanta. Satu produk lain yang juga sebelum ini tidak bisa kita temukan di negeri kita adalah Minute Maid, ini adalah produk minuman jeruk buatan Coca-Cola Co. yang juga sangat populer di berbagai belahan dunia lain.

Padahal kedua produk ini adalah produk yang secara marketing pasti marketable di Indonesia karena kecocokannya dengan selera orang kita. Kedua produk ini juga diedarkan oleh perusahaan yang memiliki jaringan distribusi sangat kuat disini. Keduanya juga didukung 2 produsen minuman yang sangat kuat brand nya di dunia termasuk di Indonesia. Lalu kenapa tidak muncul juga?

Bandingkan dengan brand seperti Frestea, Fanta, Coca-Cola Zero, Aquades, Powerade, dll. Semuanya milik Coca-Cola Co. dan Pepsi Co. Merek-merek itu dengan cepat diedarkan di Indonesia bersama-sama dengan peredarannya di negeri lain, tidak ada perbedaan perlakuan.

Minute Maid akhirnya muncul juga baru-baru ini. Namun setelah bertahun-tahun disimpan untuk tidak dilepas ke publik.

Menurut saya, keduanya tidak diumunculkan di pasar satu alasan, yaitu karena 2 merek ini terlalu panjang kata-katanya sehingga susah diingat dan dimengerti oleh otak orang kita, juga susah disebutkan oleh lidah kita. Bandingkan dengan Fanta misalnya. Pendek, mudah diingat, penyebutannya juga tidak mungkin salah walau diucapkan oleh orang Jawa, Papua ataupun lidah Padang.

Mountain Dew? Bagaimana anda membacanya? Gampangkah untuk diingat? Kira-kira diasosiasikan dengan apa merek ini?

Demikian juga dengan Minute Maid. Bandingkan dengan Buavita misalnya...

Tapi saat di Arab Saudi, saya lihat Mountain Dew tergolong sangat populer. Padahal orang sana lebih susah lagi membaca dan mengingatnya. Namun, karena rasanya pas, mereka beli juga...

Lalu, kembali ke Indonesia, kenapa tidak diedarkan disini? Anda setuju dengan pendapat diatas?

Terserah anda lah... ini hanya pemikiran iseng sambil lalu, nyerempet sedikit masalah marketing :-) Tapi yang penting, suatu saat jangan lupa untuk mencicipi 2 produk favorit saya itu. Dijamin enak dan sesuai selera kita.

10 comments:

PM said...

MOHON MAAF sebelumnya....
cuman sekedar berbagi info mengenai CARA BARU ISI ULANG PULSA HP ANDA & KELUARGA, yang :

LEBIH PRAKTIS (tak perlu lagi repot datang ke counter pulsa CUKUP hanya dengan mengirim sms dari HP anda sendiri)

LEBIH MURAH ( bila dibandingkan dengan harga jual pulsa di counter pulsa)

DAPATKAN BONUS PULSA GRATIS senilai Rp. 25.000 setiap hari

info lengkap ada di HTTP://WWW.PRIMAMITRA.BLOGSPOT.COM

Me Versus Em said...

oh gitu ya.. baru tau. hehe

salam kenal.. me versus em

KESEDERHANAAN said...

lupa kali mas org amerikanya bahwa indonesia banyak orang selain tambangnya

andin said...

kayanya pernah liat, tp memang ga beredar luas kayanya. memang enak, sih :)

df_smg said...

TANYA MINUMAN YANG SEJENIS DENGAN MOUNTAIN DEW YG TERDAPAT DI INDONESIA APA??

INI U/ BLOG AKU
WWW.DFSMG.BLOGSPOT.COM

James P said...

Kalau Minute Maid sudah ada di indonesia mungkin sekitar 3-4 bulan yang lalu dengan nama Pulpy Orange yang sudah dipasarkan oleh Coca Cola Indonesia. Bisa di cek http://www.coca-colabottling.co.id/eng/funstuff/index.php

R-dJ the Great said...

org indonesia lebih suka teh ketimbang softdrink... teh botol ftw

Minute Maid Pulpy said...

Minute maid pulpy sudah ada di Indonesia loh. Dan skrg sedang buat kontes berhadiah 15 Juta rupiah

Salesman said...

Dulu sekitar tahun 1998-2002 di kantin kampus saya dijual mountain dew dalam botol hijaunya yg khas, bersama produk pepsi lainnya seperti pepsi blue. ketika itu kalau pesan saya bilangnya "du" atau "md". Tapi kayanya sekarang saya ga pernah liat lagi.

Acep Zailani said...

betul sekali pendapat penulis di daerah timur tengah sangat populer sekali minuman ini...hehehhehe kapan di edarkan ya....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...