Create your own Hexatar

05 January 2009

10 Tahun Stasiun Angkasa Antarbangsa

Tahun 2008 lalu tepat 10 tahun dimulainya proyek ISS (International Space Station), stasiun luar angkasa antarbangsa *). Bayangkan suatu kemah penelitian yang dibangun di luar angkasa dimana astronot, kosmonot, angkasawan dari berbagai negara dapat datang, mampir, menginap dan melakukan berbagai kegiatan penelitian didalamnya?

Setelah 10 tahun, ISS terus membesar dan saat ini telah berukuran setara rumah dengan 5 kamar tidur. Didalamnya ada 19 fasilitas riset. Salah satu modul penting yang sudah dipasang adalah sistem daur ulang air. Artinya manusia yang datang tidak perlu membawa air terlalu banyak, dan air yang ada bisa dipakai terus menerus oleh siapapun yang ada disana. Bayangkan para peneliti disana kumur-kumur untuk sikat gigi di pagi hari menggunakan air seni yang mereka buang malam harinya :-)



Bagian-bagian ISS disumbang oleh negara-negara volunteer yang punya komitmen bersama, utamanya Russia dan USA.

Jika anda pernah nonton Star Trek, maka seperti itulah visi masa depan stasiun luar angkasa semacam ini. Bahkan tidak hanya stasiun yang menetap di satu posisi saja, namun space ship raksasa dengan segala fasilitas pendukung hidupnya yang terus melanglang buana ke seantero jagat langit.

Jadi, jika kita saat ini membayangkan bagaimana cara kita datang ke sebuah planet yang jauhnya 25 tahun cahaya dari bumi kita? Caranya simpel, membuat pesawat angkasa luar yang mampu menjelajah dalam kecepatan cahaya. Kemudian menjelajah dengan pessawat tersebut selama 25 tahun.

Bosan 25 tahun di perjalanan? Lihat Star Trek untuk mendapatkan ide bagaimana mereka mengisi kehidupan mereka. Atau lihat visi dari sisi lain di film Wall-E yang baru muncul.

Pada saat bangsa kita masih sibuk dengan UU defisit listrik dan reformasi politik yang tak kunjung selesai, bangsa lain sudah berpikir nun jauh disana...

Catatan: Gambar adalah bagian pertama dari ISS yang dibangun Russia bernama FGB atau Zarya dan diluncurkan dari bumi tanggal 20 November 1998, 10 tahun lalu.

*) Kata "antarbangsa" adalah terjemahan bahasa Indonesia atas kata bahasa Inggris "international"

Sumber: CNET News

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...