PTN Favorit Indonesia

Baca Laporan Khusus PTN Favorit di SNMPTN dari AtigaMedia. Berguna untuk para calon mahasiswa sebelum menentukan pilihan jurusan di PTN, juga untuk para pengelola PTS dalam membaca "selera pasar" jurusan di negeri ini.

25 September 2008

Informasi Online Ibadah Haji


Persiapan menunaikan ibadah haji bagi sebagian besar calon haji Indonesia tampaknya hanya terbatas pada mengikuti berbagai program manasik yang dilakukan secara formal oleh Departemen Agama dan beberapa yayasan swasta serta cerita dari mulut ke mulut dari para jamaah haji terdahulu. Saat ini saya berada dalam situasi yang sama dimana informasi yang tersedia sangat sedikit. Buku juga tidak banyak, kalaupun ada lebih banyak bercerita "satu sisi" tentang aturan proses ibadah haji. Buku tuntunan yang diterbitkan oleh Depag juga "kering". Cari online yang berbahasa Indonesia? Lebih sulit lagi. Bahkan Depag yang mengelola uang triliunan rupiah selama puluhan tahun untuk urusan haji saja tidak memiliki situs khusus haji. Lihat blog "Catatan Haji 2008" untuk mendapat gambaran langsung dari jamaah Indonesia yang berada di tanah suci.

Namun ada beberapa blog pribadi dari para jamaah haji Indonesia yang memiliki isi sangat bagus. Cerita mereka tidak "sekering" buku-buku resmi dari Depag. Masuk ke blog mereka seakan-akan kita diajak melakukan napak tilas yang "live". Informasinya menarik walau tidak sangat lengkap. Yang saya rekomendasikan adalah blog Multazam (blog dari H. Sigit Sigalayan ini terus berkembang dan saya yakin akan jadi acuan banyak orang di kemudian hari), blog "Kupenuhi Panggilan-Mu" yang berisi banyak info haji yang berguna dan Cerita Haji (tidak ada update lagi).

Cari situs berbahasa selain Indonesia? Cukup banyak, gunakan kata kunci "hajj". Yang cukup lengkap ada di Wikipedia. Namun jangan harap ada situs resmi yang bagus dari penyelenggara haji Arab Saudi. Situs mereka seperti situ kuno abad 20 yang dibuat statis dan seadanya saja. Namun membaca cerita haji dari luar Indonesia bagi saya serasa kurang sreg karena agak berbeda "aura" dengan suasana haji di negeri kita. Jadi ibarat nasi vs roti, sebagai orang pribumi saya lebih sreg makan nasi :-)

Peta

Yang menarik, bahkan peta kota Mekkah dan Madinah pun sangat sulit dicari. Untuk ini, saya sarankan menggunakan Google Earth atau Google Maps. Di Google Maps, anda bisa mencari dengan mengetikkan "holy kabah" dan anda akan mendapat peta detail serta gambar satelit yang sangat bersih dari kota Mekkah. Untuk kota Madinah, ketik "madinah nabawi" untuk langsung melihat peta dengan pusat di Mesjid Nabawi. Jangan lupa, di Google Maps, anda bisa melihat "map" (peta) dan "sattelite" (foto satelit) dan gambar bisa dibesarkan dan dikecilkan serta digeser kamanapun. Peta juga bisa dicetak untuk dibawa saat anda berangkat nanti.

Saya tidak punya info apakah ada aplikasi peta Mekkah dan Madinah yang cukup baik untuk digunakan di ponsel atau GPS seperti yang sekarang sedang populer. Saya yakin ada, namun mungkin tidak akan begitu praktis untuk dibawa saat ibadah.

Sungguh mengherankan bahwa jemaah haji Indonesia tidak diberikan peta Mekkah dan Madinah. Padahal senjata utama modern traveler adalah peta. Peta akan sangat penting tampaknya karena jika anda ingin menjadi "haji yang mandiri", peta akan jadi acuan yang sangat baik. Untuk peta Mekkah dan Madinah yang bagus namun dengan kualitas gambar pas-pasan, silahkan masuk ke blog Multazam.

Sumber Online Lain

Info Haji di Wikipedia Indonesia, cukup lengkap dan membantu. Tersedia juga tuntunan perjalanan haji dalam bentuk slideshow di IslamCity.com. Silahkan juga mengunjungi situs resmi Pengelola Haji yang "kering".

Situs resmi Depag RI? Jangan harap ada info. Ada tentang haji, tapi berkisar masalah administratif. Untuk informasi berita seputar Haji di Indonesia, kunjungi website yang dikelola Indosat dan Depag bernama informasihaji.com. Disini tersedia juga jadwal lengkap keberangkatan dan kepulangan.

Mengingat sedikitnya info haji berbahasa Indonesia yang tersedia online di Internet, saya pun juga memiliki cita-cita untuk berbagi pengalaman saya selama berhaji nanti, insya Allah. Ibadah ini, semakin saya pelajari, merupakan suatu ibadah yang luar biasa. Ibadah paripurna yang menyempurnakan diri kita sebagai seorang muslim. Mudah-mudahan semakin banyak pihak yang mau berbagi mengenai hal ini secara online di kemudian hari.

Anda tahu situs atau blog lain yang bagus? Bagi disini...

Update:
Peta Mekkah dan Madinah (the map of Mecca and Medina) yang sangat bagus dan lengkap, bisa langsung klik disini. Sangat baik dan akan sangat berguna bila anda memilikinya saat berangkat haji.

11 comments:

euclidmaja said...

Petanya belakangan aja kali mas. Toh masing-masing ketua regu (membawahi 10 anggota) udah dikasih peta mekah madinah. Pokonya kita berdoa para calon tamu Allah semoga jadi haji mabrur, yang belum semoga dipanggil oleh Allah.
Sy juga kebetulan mau berangkat mas, mohon doa restunya. Itu sebabnya pula saya nulis tentang haji sedikit di http://mamabojong.wordpress.com/category/islam/haji-islam/
Adapun tentang jadwal keberangkatan, kepulangan, maktab, posisi, dll bisa akses http://iklantiming.com/infohaji/

Ria Saptarika said...

Hi Bang Mohamad Adriyanto, Assalamu'alaikum wrwb, terimakasih dan senag sekali atas tambahan info yg sampian sampaikan di Blog ulun...

Semoga ini dapat membantu para calon jema'ah haji kita dan menjadi amal ibadah bagi kita semua.
Thanks & Wassalam
Ria

Mohamad Adriyanto said...

@euclidmaja: mohon doa restu juga... terima kasih atas tambahan infonya

@ria saptarika: trm kasih kembali pak. salut utk sepak terjang bapak sbg wawali batam... jarang ada walikota seperti anda.

Blog said...

Bismillah.
Informasi yang bermanfaat seputar haji, umrah, oleh-oleh haji, haji gifts, dll,
bisa juga didapatkan di http://hajiwebid.wordpress.com atau http://www.haji.web.id (insya Allah segera online).
Semoga amalan ibadah kita diterima Allah Ta'ala dan semoga ibadah haji tahun ini aman, lancar, menjadi haji mabrur. Amin.

Arif Widianto said...

Insya Allah blog ceritahaji.com akan diupdate lagi. Mudah-mudahan amanah. Terima kasih.

Perjalanan Hajiku said...

Website ini akan sangat membantu calon jemaah haji. Oleh penulis buku 40 Hari Di Tanah Suci.

bambang said...

peluang haji gratis,peluang haji,peluang umrah gratis,peluang umrah,peluang haji plus,peluang umrah plus,peluang ibadah haji,peluang ibadah umrah,haji ke tanah suci,umrah ke tanah suci,haji dan umrah ke tanah suci,biaya haji, biaya umrah,biaya haji dan umrah,ongkos naik haji,travel haji,travel agen,agen haji,agen haji Indonesia,

Yunus said...

assalamualaikum..

nama saya yunus tempat tinggal sekarang jeddah 4 menit dari kabbah..
kalo saudara2 ada yang membutuhkan informasi atau layanan service atau jasa bisa hubungi saya...

website : www.almazroi.com
hp : +966534263489

Anonymous said...

mas yunus dosa lohhhh... masa jeddah 4 menit dari kaabah.
sedangkan jarak antara jeddah dan mekkah 75 kilo ya berkisar setengah jam dengan kecepatan 80 speedometernya dengan kendaraan pribadi

JASA PEMBUATAN IJAZAH PALSU said...

ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA / MELANJUTKAN KULIAH / KENAIKAN JABATAN ?!?!
KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN.

-SMU:4.000.000
-D3:6.000.000
-S1:8.000.000

* AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE: pembuatanijazah@yahoo.co.id

HUB: +6285736927001.

(HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.

Travel Haji khusus said...

tRImakasih atas info persiapan hajinya, smoga bermanfaat..