Create your own Hexatar

14 August 2008

Enjoying My Life As A Trainer

Salah satu kegiatan menarik yang cukup sering saya lakukan dalam hidup ini adalah menjadi trainer. Sering disebut juga sebagai instruktur, fasilitator, widyaiswara, dll. Prinsipnya menjadi "pengajar" dalam suatu sesi pelatihan berdurasi pendek, biasanya 1-2 minggu, bisa pula 1-2 hari atau bahkan 1-2 bulan, tergantung pada kebutuhan dan tujuannya. Isinya juga biasanya sangat spesifik fokus pada peningkatan satu atau beberapa kompetensi tertentu.

Kemarin saya baru saja menuntaskan pekerjaan untuk mengawal satu sesi pelatihan berdurasi total 12 hari efektif, cukup panjang. Saya mendapat bagian selama 5 hari penuh. Pelatihan ini tentang taining needs analysis dengan pendekatan organization capacity building. Kombinasi yang menarik karena saya punya interest cukup besar di 2 bidang yang agak berbeda: training management dan organization development. Nah, pelatihan kali ini adalah gabungan kedua bidang yang saya sukai ini, jadi klop dan bisa dinikmati. Pelatihan ini dilaksanakan di LAN (Lembaga Administrasi Negara) Kalimantan di Samarinda.

Saya sendiri akhir-akhir ini semakin sering mendapat kesempatan memberi training (dan juga perkuliahan) untuk para aparat pemerintah alias PNS. Dulu berbeda, sebagian besar membimbing karyawan di perusahaan swasta. Ada banyak bedanya, terutama karakter pesertanya. PNS terkesan lebih santai dan punya banyak kebiasaan "buruk" seperti terlambat datang, malas bertanya, dll. Namun setelah ice breaking dan penyesuaian selama beberapa hari, saya mendapati peserta training kali ini yang berjumlah 17 orang PNS dari Kaltim dan Kalsel ternyata memiliki banyak karakter positif yang bukan tipikal PNS, terutama di peserta yang masih berusia muda. Surprise...

Latihan-latihan yang menguras banyak pikiran dan konsentrasi mereka lahap dengan bersemangat. Bahkan sebagian adalah perfeksionis yang rela kerja keras untuk mendapat hasil sebaik-baiknya. "Chemistry" antar individu juga terhitung sangat baik dan sehat. Overall, training panjang ini menjadi menyenangkan dan penuh hikmah, terutama bagi saya yang membimbingnya.

Bagi para peserta TNA Training di LAN Samarinda, all the best bagi anda semua... Sampai jumpa di lain waktu.


3 comments:

A. Muttaqin said...

Bisa di share materi OD nya dong.

Mohamad Adriyanto said...

saya share japri aja, masalahnya ada hak cipta yg bukan milik saya sendiri. sukses pak...

tunggul said...

kalau share IDOS musti ijin dulu lho hahahaha.

sukses

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...