Create your own Hexatar

03 May 2008

Kesal Pakai XL

Saya menggunakan XL Xplor (pasca bayar) sudah lebih dari 2 tahun. Saya termasuk pelanggan setia XL dan tidak pernah tergoda untuk pindah kelain operator karena selama ini bisa menikmati layanan yang baik. Layanan baik itu kemungkinan besar karena kecilnya jumlah pelanggan XL sehingga customer service bisa lebih akrab dan serius, jaringan juga masih lega dan jarang terjadi gangguan baik call maupun text, GPRS juga relatif cepat untuk dipakai cek email dan browsing sederhana.

Namun sejak XL melakukan ofensif besar-besaran untuk melawan hegemoni rajanya GSM Indonesia, Telkomsel, maka kenyamanan saya menggunakan layanan XL mulai terganggu. Apalagi saat XL meluncurkan jurus terakhir yang tampaknya sangat jitu mendapatkan banyak customer baru yaitu "Rp 600 nelpon sepuasnya..." Sejak itu memakai XL jadi sangat tidak menyenangkan. Sangat sering terjadi "network busy", "call disconnected" dan lalu lintas SMS yang semakin kacau. Kirim SMS, terutama ke pengguna Telkomsel, sering sekali "delivery pending" dan tidak pernah ada lanjutan report apakah pesan saya sampai atau tidak.

Bisa dibayangkan, ketika jutaan pelanggan baru habis-habisan masuk dan menggunakan jaringan yang "tidak siap" menampung limpahan new user, maka terjadilah kekacauan. Ini juga pernah dialami Indosat ketika menjalankan program "gratis nelpon tengah malam". Jaringan congested setiap malam. Namun saat itu problem Indosat relatif terlokalisir hanya dimalam hari antara pukul 24.00 hingga 05.00 (kalau tidak salah). Jadi hanya mengganggu bagi para oportunis yang ingin memanfaatkan call gratis.

Masalah di XL lebih serius dan berat, karena program promosi yang sangat laku ini berlangsung dalam kurun waktu yang jelas-jelas "prime time", antara jam 23.00 sampai jam 17.00 (CMIIW). Berkali-kali panggilan sangat penting bagi pekerjaan saya terpaksa tidak bisa dilakukan karena punuhnya jaringan. Begitu pula panggilan penting dari luar tidak bisa masuk. Belum masalah SMS yang pending terus tanpa jelas juntrungannya. Mau dikonfirmasi via telpon, tapi saya tidak bisa call keluar. Serba salah :-(

Kalau tidak karena nomor XL saya sudah tersebar ke begitu banyak kolega, saya pasti sudah mengganti nomor XL saya dengan nomor operator lain.

Saya berharap keadaan tidak nyaman ini berlalu secepatnya dan bisa kembali ke keadaan normal. Entah bagaimana caranya, bisa karena XL meningkatkan kapasitas jaringan (yang mungkin perlu waktu panjang), atau program gila-gilaan ini berakhir sehingga penggunaan jaringan kembali menurun.

Update 9 Juni 2008:
Hingga saat ini, ada banyak sekali gangguan baik ketika saya call keluar atau rekan-rekan saya yang kesulitan menghubungi saya pada jam sibuk. Kemungkinan terbesar karena tarif promo super murah yang diterapkan XL membawa dampak pada kapasitas jaringan yang overload.


Ditulis menggunakan Asus Eee PC 4G Black

7 comments:

jelek said...

sama pak, dilampung juga gitu..
ada beberapa pesan yg sering muncul ketika sy menghubungi nmr XL lain : Jaringan sibuk, Salah Nomor, Nomor yg anda hubungi tdk dpt menerima panggilan...cpd

smg wakil rakyat qta jg tau ttg ini

Mohamad Adriyanto said...

lampung ya? emang kita sbg pelanggan selalu jadi korban. ylki kita mungkin terlalu sibuk... kalo wakil rakyat apa perlu dikasih tahu juga? paling denger doang, no action :-)

SanKo said...

Simpati PeDe juga membuat jaringan Telkomsel padat merayap. Akhirnya per 1 April 2008 program nelpon murah itu diakhiri oleh Telkomsel. Gantinya kini di Simpati PeDe yang jadi mahal lagi dan AS 13rupiah/detik all operator masih lebih mahal dibanding dua operator lainnya tapi jaringan jadi lega dan pelanggan lainnya tidak kena masalah lagi.

Kini di milis-milis sudah mulai terbaca "ngapain murah kalau tidak bisa dipakai"

Mohamad Adriyanto said...

pak, sanko, baru tahu nih kalau simpati pede sudah dibatalkan. apakah akan ditiru oleh xl?

Sqvalkic said...

Simpati dimiliki operator "pemerintah", tentunya ia tidak bebas menurunkan tarif yang berimbas pada penurunan pendapatan share pemerintah.
Saya lebih setuju apabila di HP ada fitur penyaringan SMS dan telp, sehingga kita bisa menolak SMS dan telp dengan cara meregistrasikan nomor-nomor langsung ditingkat provider. SMS akan terhenti di server, tidak tersebar memenuhi jaringan.
Saya bosan terima SMS junk, yang saat ini banyak saya terima di no XL saya...

Mohamad Adriyanto said...

betul p anton, xl xplor saya semakin sering menerima "junk sms" (2-3 sms per 3-4 hari). sebagian besar promosi dari para content provider. walau belum sebanyak junk email, tapi bener juga, mungkin sudah harus mulai diantisipasi kemungkinan2 kedepan.

Faizan said...

Nice Blog Friend

Funny Sms Jokes
www.esmsfun.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...