Create your own Hexatar

22 April 2008

Terpaksa Pindah ke Wordpress

Sungguh tidak nyaman harus pindah rumah setelah sekian lama berada di rumah lama. Setelah beberapa tahun ngeblog di Blogger (beralamat di blogspot.com) dan menghasilkan lebih dari 200 artikel blog, saya terpaksa mempertimbangkan opsi untuk pindah. Alasannya? Baca tulisan saya "Repression 2.0". Pengunjung dari Indonesia kesulitan untuk dapat mengakses blogspot.com secara rutin. Walaupun untuk editing blog tidak masalah karena akses ke blogger.com lancar, namun display blog yang beralamat di blogspot.com yang tidak lancar (kemungkinan diblokir diam-diam oleh ISP dan pemerintah Indonesia).

Saya sudah punya account non-aktif di Wordpress sejak tahun 2006 lalu, namun tidak pernah di-update. Akhirnya saya mulai merubah theme kemarin dan memasukkan beberapa tulisan-tulisan lama saya yang berkenaan dengan dunia pendidikan berbasis teknologi komunikasi dan informasi di http://madriyanto.wordpress.com. Rencananya saya akan membuat beberapa blog lagi disana untuk menjadi mirror 2 blog terbesar saya The World Viewed from samarinda" dan "Hikmah Teknologi".

Sebenarnya seluruh blog saya di blogspot telah saya buat "mirror site" di http://madriyanto.multiply.com, namun saya tidak terlalu sreg dengan Multiply. Kebetulan di wordpress.com ada fasilitas "import" database dari wordpress.com lain serta juga bisa ambil dari blogspot. Belum saya coba, tapi saya yakin akan bisa dilakukan dengan mudah. Tapi bagaimana cara mengupdatenya apabila saya punya tulisan baru? Nanti saya cek lagi untuk mencari cara paling efisien.

Namun yang saya sesalkan adalah jika harus meninggalkan tingginya "rating" blog saya terdahulu di mata Google search. Ada banyak topik search yang menempatkan halaman-halaman blog saya dalam posisi cukup tinggi di hasil pencarian Google. Sekitar 80% dari kunjungan ke blog-blog saya dilakukan setelah mencari topik-topik tertentu di search engine terutama Google (data dari Google Analytics).

Dengan semakin kurangnya kunjungan dari pengunjung Indonesia, maka "rating" tadi bisa terus menurun. Ini terjadi karena Google memberikan rating semakin tinggi bagi situs yang banyak diklik dari hasil pencarian di Google Search. Dengan dibuatnya mirror di wordpress.com, maka pengunjung kemungkinan akan mulai juga terbagi 2 karena Google bot juga sangat rajing crawling di Wordpress.

Tapi tidak perlu dipikir panjang lah... yang penting tulisan-tulisan saya masih bisa terus diikuti oleh orang-orang melalui Internet. Cuma harus berusaha cepat mencari cara agar ketika posting tulisan baru, saya tidak harus memasukkannnya baik ke Blogger maupun ke Wordpress secara bersamaan. Redundancy pekerjaan dong... karena saya tetap berharap bahwa blog saya di blogspot.com tetap exist dan terus berkembang dan dapat terus diakses oleh siapapun dari seluruh dunia selamanya (selama Google Inc. ada). Saya yakin kekacauan akses dari Indonesia akan segera berakhir.

Update:
Akhirnya saya tidak jadi memindahkan blog-blog saya secara total ke Wordpress. Terlalu malas dan belum ketemu mood yang pas. Namun saya tetap masukkan tulisan-tulisan lama saya yang berhubungan dengan pemanfaatan IT untuk pendidikan ke http://madriyanto.wordpress.com. Untuk melihat gabungan dari semua tulisan saya, silahkan masuk ke http://madriyanto.multiply.com.

Update:
Ternyata Cina juga "gemar" memblokir blogspot.com. Lihat laporan beberapa jurnalis asing yang ada di Cina yang tidak bisa mengakses blogspot.com. Ini jelas merupakan cara-cara baru represi kebebasan berekspresi.

Berikut snapshot dari traceroute nya dimana jelas terlihat blogspot.com diblokir oleh sebuah ISP Cina, just in case link diatas sudah hilang...



14 comments:

Subur Anugerah said...

Masak iya sich pak? Saya akses kok adem-ayem saja ya, bisa kok ga ada masalah, apa karena content artikelnya pak Adriyanto yang selalu mengkritik pemerintah, terus pipanya dikurangi atau masuk filter URL situs/blog yang terlarang? hehehe... becanda pak, saya kira saya berlebihan... ;-)

Anonymous said...

Selasa 22/4 siang ini blogspot.com (tdk hanya blog saya, tapi semua
blogspot.com) kembali tdk bisa diakses dari PC saya via Speedy. Saya heran juga apa yg sedang terjadi?????

Herannya, teman2 lain katanya
bisa akses. Saya coba berkali2... dan tetap saja timed out :-(

Diakses dari proxy bisa, akses situs lain bisa... Nanti tiba2 bbrp jam kemudian bisa lagi... Akses liveleak.com saja bisa... Mudah2an bukan repression 2.0 :-(

Comment ini saya buat dari proxy site, gak mau login ke Google karena takut password saya diambil.

Salam,
adriyanto

Sqvalkic said...

Dari kampus (Unmul) kelihatannya aman-aman saja pak.
Waktu pake koneksi speedy di Bogor juga aman saja. Cuma kadang-kadang akses mail.google.com memang ajaib lambatnya..

Protes bandwidth lari keluar kali ya?

fnoor said...

Selama ini saya juga tidak pernah ada masalah akses ke blogspot walaupun kalau dibandingkan wordpress (WP) ataupun multiply (MP) loading di blogspot terasa agak berat. Tapi hal tsb tidak seberapa. Yg paling mengganggu & perlu dicermati dari blogspot adalah tdk bisa post comment dari mobile phone dgn menggunakan browser opera mini.Hal seperti ini tidak terjadi pada WP & MP.

Anonymous said...

kamis 24/4/2008 malam ini, pukul 2.30 wita, seluruh blogspot.com kembali tdk bisa diakses dr pc saya via speedy. tadi pagi hingga sore masih bisa...

saya pribadi tdk yakin ini tindakan blokir secara sengaja. mungkin teknisi speedy suka "ngoprek" malam2 utk latihan memblokir atau salah setting dalam ngatur jalur speedy nya... mudah2an begitu...

salam,
adriyanto
(from proxyofliberty.com)

SanKo said...

Dari semua posting di milis terkait TI yang saya ikuti memang problem masih terjadi di pelanggan Speedy yang akan mengakses blogspot.com

Sementara dari ISP lainnya sudah tidak terlihat keluhan. Celakanya memang pelanggan Speedy adalah yang terbesar di Indonesia. Jadi pengarusnya besar untuk rating sebuah blog.

Anonymous said...

lagi... 26 april 2008 pukul 3.15 dini hari ini, blogspot.com gagal diakses dari speedy. seperti biasa... via proxy ok, blogger.com ok juga...

bener2 bikin frustasi nih telkom..

salam,
adriyanto
(terpaksa akses dr proxyofliberty.com)

kavung said...

Saya pikir blog saya di blogspot aja yg ga bisa di buka karena saya pake speedy, ternyata ada jg yang lain. btw, salam kenal pak saya masih newbie jd jgn heran kalo masih clemotan :D

Mohamad Adriyanto said...

bbrp hari terakhir ini hampir tdk ada gangguan terhadap akses ke blogspot. mudah2an ini pertanda baik dan pembatasan akses mulai dihilangkan.

manggIs... said...

Assalamualaikum...
Gitu ya pak adri.... Kalo saya sih kayaknya nggak ada masalah. Selama ini saya berlangganan Starone....memang sih... loading ke blogger agak lambat.
Salam kompak slalu Pak Adri...

Mohamad Adriyanto said...

waalaikum salam, kayaknya blogspot.com sudah aman diakses dari telkom... mudah2an demikian seterusnya :-) salam kompak juga utk manggis...

Anonymous said...

hosting aja bos..ato nitip ke unmul aja

Mohamad Adriyanto said...

yah, alasan utama buat di blogger karena ini milik google dan data pasti akan disana "selamanya". kalo di hosting, pas gak bayar atau malas perpanjang, semua data hilang, kalo unmul on/of terus, listrik suka mati :-)

Lihat Indonesia said...

Saya memakai layanan blogger. Saya kira blogger paling bagus dan paling lengkap. Tapi setelah membaca tulisan bapak, saya jadi ngeri.
Memang yang paling hebat itu blogspot, multiply, atau wordpress?

THanKS

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...