Create your own Hexatar

10 April 2008

Rano Karno, Wakil Bupati Tangerang

Saya adalah penggemar Rano Karno. Masa remaja saya adalah masa jayanya seorang Rano Karno. Namun saya hanya melihat beberapa saja dari film-film "cinta picisan" yang dibintanginya saat itu. Setelah itu saya masih mengikuti masa jayanya sebagai bintang film dan sutradara yang lebih dewasa, termasuk saat masa jaya tahap keduanya dengan Si Doel Anak Betawi. Saya tidak sendirian sebagai penggemarnya, ada jutaan orang lain yang mungkin punya latar belakang mirip saya juga adalah penggemar Rano Karno.

Tahun 2008 ini ternyata kepopuleran Rano masih sangat kuat. Terbukti dengan keberhasilannya maju sebagai Cawabup dan kemudian menang. Saya bahkan tidak tahu siapa nama Bupatinya. Saya yakin kalau saya jadi pemilih di Tangerang saat itu, kemungkinan besar saya juga akan memilihnya. Kenapa? Karena rasa kedekatan saja... yang lain kan gak kenal?

Fenomena ini tampaknya muncul dimana-mana. Artis jadi politikus dan jadi pemimpin sudah bukan cerita aneh lagi. Contoh paling bagus tentu saja adalah Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan. Bintang film koboy yang punya penampilan macho ini berhasil menang dalam pilpres dan bahkan menjadi salah satu presiden yang terhitung berhasil.

Memang pertanyaannnya adalah apakah seorang artis yang dipersepsikan sebagai "bodoh" kemudian bisa mengemban tugas berat sebagai pimpinan? Banyak yang sudah membuktikan bahwa ganteng/cantik tidak selalu identik dengan "bodoh". Namun tetap saja banyak contoh dimana akhirnya sang artis populer betul-betul hanya dimanfaatkan sebagai vote getter dan akhirnya tidak punya taji sama sekali dalam masa kepemerintahannya.

Hal ini tampaknya juga terjadi di ranah lain kehidupan kita. Lihat pemilihan Ketua OSIS di sekolah-sekolah misalnya... yang terpilih cenderung yang memiliki penampilan bagus. Namun tampaknya hal ini tidak terjadi di ajang pemilihan Ketua RT yang cenderung memilih kandidat yang "tua" dan berpeilaku "mengayomi" dan sabar, tidak peduli dengan tampangnya :-)

Anyway, selamat kepada Rano Karno. Mudah-mudahan anda bisa berprestasi yang tinggi juga dalam karir baru anda sebagai pimpinan. Amin...

Update:
Baru saja masuk informasi bahwa Dede Yusuf, salah satu bintang film beken era setelah Rano Karno, berhasil memenangkan Pilgub Provinsi Jawa Barat sebagai Wakil Gubernur. Siapa Gubernurnya? Saya tidak ingat...

Written on: Asus Eee PC 4G Black

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...