Film-Film Keluarga Wajib Tonton

Saya termasuk sangat pemilih dalam hal menonton film. Malas menghabiskan waktu yang berharga hanya untuk menonton film yang tidak layak tonton. Salah satu indikator saya sebelum menonton adalah urutan box office saat ini dan urutan box office sepanjang massa yang biasanya saya akses di Yahoo! Movies. Kemudian untuk film keluarga, saya selalu cek keluaran terbaru dari Disney. Lebih spesifik lagi, selalu tonton film-film karya bareng Disney dan Pixar.

Di rumah, sejak 2 tahun terakhir, kami berusaha berkumpul sekeluarga untuk menonton film dari DVD player kami di ruang tengah. Susah sekali mencari film legal disini kecuali meminjam dari rental terpercaya. Akhir-akhir ini saya sudah jarang dan hampir tidak pernah pinjam dari rental lagi, kebanyakan beli DVD bajakan seharga Rp 10 ribuan. Tapi saya juga pilih-pilih untuk membelinya, terutama dengan indikator film yang di USA sana sudah keluar versi DVDnya, dijamin versi bajakannya akan bersih dan yang terpenting memiliki sub-title bahasa Inggris yang orisinil.

Ya, salah satu manfaat terbesar yang saya dapatkan dari nonton DVD bersama keluarga adalah manfaat bisa belajar bahasa Inggris bersama dengan menggunakan fasilitas sub-title bahasa Inggris. Di DVD bajakan sembarangan, sub-title bahasa Inggrisnya dibuat oleh pembajak dengan kualitas yang sangat buruk dan membingungkan. Tapi di DVD bajakan "asli", sub-title ini murni diambil dari skenario/script aslinya, jadi lengkap sekali. Jadi kami menonton bersama dengan menggunakan sub-title bahasa Inggris. Suatu proses belajar yang sangat fun...

OK, kembali ke topik film pilihan saya, langsung saja...

Cars. Ini film yang sangat bagus, dari segala sisi. Penuh pesan moral dan sangat mengharukan. Anak-anak saya sangat akrab dengan karakter Lightning McQueen yang awalnya sangat sombong tapi setelah terjebak di kota kecil Radiator Springs (off Route 66), dia menjadi pribadi yang sangat dewasa dan cool... Suasana Amerika terasa kuat sekali, lengkap dengan logat bahasa Inggris selatan yang kental membuat film ini mampu "bercerita" ke anak-anak saya tentang indahnya Amerika dan kehidupannya.

Ratatuoille. Ini masih kalah sedikit dari Cars, terutama dari pesan moral yang dibawakan, namun secara keseluhan sangat bagus. Kisah seekor tikus bernama Remy yang punya gift khusus dan memanfaatkannya hingga menjadi ahli masak kelas wahid di kota Paris. Klasiknya suasana kuliner kelas tinggi di Paris berhasil dihadirkan dan membawa dampak sangat dalam di hati dan benak anak-anak saya.

Barbie, The Island Princess. Kebetulan 2 anak saya adalah para girlies, jadi jangan heran apabila pilihan saya jatuh ke film ini. Tapi jangan lihat dari karakter barbie nya, lihat pesan moral klasiknya, serta tentu saja berbagai "budaya dongeng" indah dan lurus yang pasti secara tidak langsung mampu membangun sesuatu dalam diri anak kita (bandingkan dengan menonton sinetron kita yang tidak masuk akal ceritanya, teknik pembuatan filmnya yang masih kalah dibanding Hollywood, menyebarkan budaya-budaya "aneh" yang merusak, dll).

We love these movies, we watch them over and over... Jangan heran bila anak-anak saya hafal banyak dialog dalam film-film ini, dalam bahasa Inggris.

Menyusul saya tambahkan film-film lain yang saya anggap bagus untuk tontonan keluarga. Saya undang juga rekan-rekan untuk menambahkan list ini, supaya bisa jadi acuan dan bisa bermanfaat bagi pengembangan generasi bangsa kita dengan memulainya dari rumah sendiri dan dengan hal yang sangat sederhana.

Keywords: film keluarga, sinema keluarga, film pendidikan, film anak

Written on: Asus Eee PC 4G Black

Posting Komentar

1 Komentar

ryu mengatakan…
I like The Sound Of Music. It's an old movie but very recommended! It tells us about the important of having a unity family. There are many good songs for children. Because the character of the kids are between 16-5years old, you must be careful, bcoz there's kissing scene.