Create your own Hexatar

04 April 2008

Blog-Blog Saya yang Tak Terurus

Beberapa waktu lalu saya sempat membuat banyak blog di Blogger.com yang hingga saat ini belum terisi sama sekali. Setiap ada ide untuk membuat suatu seri tulisan atas topik tertentu, saya langsung berusaha buat blognya. He3... serakah juga. Salah satu yang hingga saat ini belum terisi adalah blog Teknologi Informasi untuk Pendidikan dengan alamat di http://ti4p.blogspot.com. Ini adalah blog yang maksudnya untuk mengumpulkan tulisan-tulisan pendek saya mengenai topik ini.

Kebetulan saya dapat kesempatan untuk mengajar di Program Pasca Sarjana Kependidikan di Universitas Mulawarman. Tidak terasa sudah lebih dari 8 angkatan yang ikut saya dampingi. Blog saya adalah salah satu materi hidup dari perkuliahan semi-online yang saya terapkan di mata kuliah Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan yang saya asuh secara tandem dengan Prof. Yusufhadi Miarso dari Universitas Negeri Jakarta. Suatu saat akan saya lengkapi blog ini agar lebih fokus dan bisa bermanfaat bagi siapapun yang mencari informasi tentang masalah itu.

Blog lain adalah Blog Islam Terbaik dari Indonesia. Rencana awalnya adalah membuat semacam agregasi dari blog-blog mengenai Islam yang saat ini banyak sekali bertebaran di Internet. Blog gampang terlupakan karena biasanya punya domain name yang tidak gampang diingat, kemudian biasanya tidak konsisten di update sehingga pengunjung juga tidak rajin datang kecuali pengunjung yang memiliki ikatan tertentu dengan bloggernya. Dengan adanya blog aggregator yang bagus dan terpelihara baik, maka saya yakin akan sangat berguna bagi siapapun yang mencari info atau ingin mengikuti perkembangan dunia Islam melalui blog yang berkualitas. Doakan mudah-mudahan niat ini bisa terwujud.

Yang lain adalah blog aggregator yang bernuansa lokal, misalnya blog yang mengumpulkan RSS feed dari blogger yang berasal dari Kalimantan Timur. Saya bahkan beranggapan bahwa blog ini suatu saat akan mengalahkan situs-situs lokal lain yang selama ini merajai di daerah tersebut. Namun kendalanya banyak terletak pada tidak konsistennya para blogger yang saya ambil RSS feednya. Hal ini menyebabkan agregasi blog ini jadi seperti bolong-bolong karena ada yang rajin dan ada yang tidak. Yang di Kaltim ini sudah saya buat dan bisa langsung dilihat di http://kal-tim.blogspot.com

Blog saya sudah cukup banyak yang cukup aktif saat ini, silahkan lihat di blog agregasi pribadi saya yang memasukkan RSS feed dari blog-blog saya yang berbeda topik serta juga feed dari orang-orang terdekat saya. Silahkan lihat langsung di http://adriyanto.or.id

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...