Create your own Hexatar

12 December 2007

Spirito di Blogging

Entah dapat angin apa, produktivitas saya dalam menulis blog menjadi sangat tinggi di akhir tahun 2007 ini. Jauh melampaui masa-masa paling subur yang pernah terjadi sebelumnya. Saya sih bersyukur sekali, semakin banyak ilmu, pengalaman, hikmah dari saya yang bisa dibagi dan dimanfaatkan oleh orang banyak. Insya Allah jadi amal jariyah... amin.

Namun dibalik itu semua, hal ini bisa terjadi karena dengan teknologi Internet yang semakin mudah, saya semakin tidak dipusingkan oleh masalah-masalah teknis pengaturan blog yang dulu menyita banyak waktu. Saya bisa fokus sepenuhnya untuk mengetik isi kepala saya menjadi tulisan-tulisan yang langsung bisa di posting.
Sebab lain adalah karena adanya akses Internet yang semakin baik dan bisa saya akses hampir tanpa batas dari rumah. Kalau dari kantor, walaupun sudah online bertahun-tahun, tapi karena sifat pekerjaan saya, sangat sulit untuk bisa konsentrasi didepan komputer agak lama. Jadi waktu di rumah terutama malam hingga dini hari adalah waktu paling produktif saya dalam berkarya di komputer saya.

Faktor lain, adalah karena saya melihat bahwa karya-karya saya dimanfaatkan. Tulisan-tulisan saya dibaca oleh banyak orang dari seluruh pelosok dunia, ini terlihat jelas dari traffic report yang saya pasang dengan sangat mudah di blog-blog saya. Dari Google Analytics saya bisa melihat dengan jelas jumlah orang yang masuk ke blog saya, waktu tinggalnya, halaman-halaman mana yang populer, grafik kunjungan per hari, per bulan, per tahun, dll lengkap dan gratis. Kemudian saya juga menggunakan widget yang memantau traffic dari FEEDJIT yang memperlihatkan dengan jelas dari mana saja pengunjung datang, mereka masuk dari situs mana, pergi lagi setelah klik link mana.

Yang paling menarik juga, dari fasilitas-fasilitas diatas, saya bisa melihat bila orang masuk ke halaman blog saya melalui search engine, maka saya bisa tahu keyword yang mereka ketikkan saat menemukan blog saya itu. Hebat kan? Bahkan kita bisa langsung cek ke search engine asalnya dan melihat urutan search result yang didapat orang tadi. Hikmahnya? Saya tahu bahwa kalau orang mencari harry+potter+7 di Google Indonesia, maka blog saya masuk urutan 10 teratas. Ketik linux+samarinda di Google, tulisan di blog saya masuk di urutan teratas.

Hal-hal diatas membuat saya menjadi semakin termotivasi untuk membagi apa yang saya miliki sebanyak-banyaknya. Insya Allah bisa membawa kebaikan, baik bagi diri saya pribadi, maupun bagi ummat... amin.

Note: "Spirito di Blogging" adalah bahasa Italia untuk bahasa Inggris "Blogging Spirit" atau bahasa Indonesia "Semangat ngeBlog".

Keywords: Indonesia blog, Samarinda blog, Balikpapan blog, Kaltim blog, Kalimantan Timur blog,
Indonesia blogger, Samarinda blogger, Balikpapan blogger, Kaltim blogger, Kalimantan Timur blogger, Indonesia bloger, Samarinda bloger, Balikpapan bloger, Kaltim bloger, Kalimantan Timur bloger

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...