Membuat Blog Menjadi "Search Engine Friendly"

Blogging semakin menarik saja hari-hari belakangan ini bagi saya. Salah satu yang menarik perhatian saya adalah mengamati search keyword yang dimasukkan orang ke search engine hingga mereka mendarat di blog saya. Terbanyak link masuk dari Google, kemudian Yahoo! Search. Belum pernah dari Microsoft Live. Beberapa keyword yang masuk hari ini saya bahas berikut ini, semoga bisa jadi pelajaran bagi kita semua untuk lebih "visible" di Internet, serta bisa lebih mempromosikan Indonesia ke dunia luar.

Kata kunci 'calon gubernur kaltim' di Google menempatkan tulisan saya masuk di urutan ke-7. Seharusnya bisa masuk lebih tinggi, namun karena saya menggunakan kata Kalimantan Timur, bukan Kaltim sebagai judul, maka jadi masuk agak di bawah.

Kata kunci 'harry potter 7' di Google Indonesia membawa tulisan saya masuk di urutan ke-3. Keyword lain 'harry potter 7 pdf indonesia' atau 'file asli harry potter 7' membawa saya ke urutan teratas. Tampaknya soal Harry Potter, blog saya sudah sangat populer di search engine.

Keyword 'linux samarinda' masuk teratas di Google, 'linux balikpapan' masuk no-3. "pon kaltim 2008" masuk urutan ke-7. Kata 'beton berpori' di Yahoo! Search, membawa blog saya teratas. Untuk 'politik jerman 2008' masuk ke-2 di Google, tapi 'politik jerman' masuk hanya di nomor 19. Di Yahoo! Search, pencarian 'tahun baru imlek 2008' membawa blog saya masuk di urutan teratas karena saya pernah buat posting tentang Selamat Tahun Baru Imlek.

Terus terang senang bercampur lucu melihat macam-macam keyword yang dimasukkan orang di search engine dan bagaimana akhirnya mereka bisa mendarat di blog-blog saya.

Hikmahnya? Kalau kita buat tulisan dengan pemikiran "search engine friendly" maka besar kemungkinan bahwa tulisan-tulisan kita dapat dengan mudah di search oleh publik. Selalu masukkan kata-kata yang tepat sebagai judul tulisan, ini kriterianya tinggi di search engine. Kalau tidak, masukkan/tuliskan dengan benar kata-kata yang ada anggap banyak dicari orang kedalam body tulisan blog anda, walaupun agak-agak kurang nyambung, no problem. Bisa juga buat list keyword di bagian bawah tulisan anda, pisahkan dengan koma. Lihat contoh di bagian bawah tulisan ini.

Ingat juga bahwa crawler Google sangat cepat sekali melakukan crawling dan update atas segala perubahan, terutama di blog yang dibuat di Blogger.

Semoga bermanfaat.

Keywords: trik mesin pencari, optimalisasi kata kunci mesin pencari, google indonesia, yahoo search indonesia

Posting Komentar

0 Komentar