Ide Dakwah Secara Digital

Saat ini saya cukup beruntung dapat melakukan implementasi dari ide-ide saya secara cepat tanpa terkendala banyak hal. Salah satu ide fresh saya adalah menyediakan materi digital (berbentuk MP3 file) berisi dakwah Islami. Jadi berupa ayat-ayat, hadis-hadis, doa-doa, tauziyah pendek dan terjemahannya yang bisa dengan mudah dimasukkan ke gadget apapun yang bisa memutar MP3 file.

Ide awalnya, yang dibidik adalah agar materi-materi ini bisa segera masuk ke ponsel dan MP3 player kaum muda terutama siswa-siswa di sekolah saya. Sedih memikirkan bahwa orang-orang muda "generasi iPod" ini setiap hari hanya punya lagu-lagu bajakan yang diputar tanpa henti di play list mereka. Saya ingin agar di play list mereka, setiap 3-4 lagu bajakan selalu diselingi dengan file dakwah Islami tadi. Saya yakin ini bisa dilakukan karena biar bagaimanapun sebagian dari mereka membutuhkannya, apalagi kalau materi-materi tersebut bisa dibuat "gaul" dan menarik.

Tadi siang proyek ini telah dimulai. Tim Rohis SMK TI Airlangga Samarinda yang saya pimpin mulai melakukan rekaman dan editing materi ini. Dalam waktu sangat singkat selesai 5 file MP3 siap edar, namun masih perlu final check agar betul-betul mulus...

Kelima file tersebut adalah 2 hadis pendek, 2 doa pendek dan 1 tauziyah pendek mengharukan mengenai jasa orangtua. Bagus sekali... Rekaman dan editing dilakukan sepenuhnya oleh anak-anak Rohis tadi, narasi dan materi dibawakan oleh Bp. Nanang Supratmanm guru Agama Islam sekolah kami.

Saya dengan menggebu-gebu menyampaikan kepada mereka bahwa materi seperti ini sangat mudah dibuat dan mereka telah membuktikannya langsung. Bayangkan kalau kita bisa membuat 100 file dalam beberapa bulan kedepan ini, kemudian semua file menyebar cepat melalui Internet dan jaringan bluetooth antar ponsel, berapa besar amal jariyah kita semua hanya dengan melakukan hal kecil seperti itu?

File-file yang sudah jadi akan saya pajang di blog saya ini. Namun saat ini belum bisa karena masih perlu final check.

Insya Allah diberi kelancaran oleh Allah dalam proses produksinya serta bisa menjadi hal bermanfaat bagi ummat. Amin...

Keywords: mp3 dakwah, mp3 da'wah, mp3 hadis, mp3 hadits, mp3 ayat al-qur'an, mp3 quran, mp3 ceramah agama islam, mp3 doa, mp3 do'a, file audio dakwah, file audio da'wah, file audio hadis, file audio hadits, file audio ayat al-qur'an, file audio quran, file audio ceramah agama islam, file audio doa, file audio do'a, digital dakwah, digital da'wah, kegiatan program rohis smk, kegiatan program rohis smk ti airlangga samarinda, kegiatan program rohis sekolah

Posting Komentar

1 Komentar

rinyuh mengatakan…
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Perkenankan saya untuk ikut berbagi perihal Digital Qur'an v3, sebuah aplikasi Windows buatan Bpk. Sony Sugema yang menampilkan ayat dalam bahasa Arab, terjemahan dalam bahasa Indonesia/Inggris, sekaligus suara pembacaan dari ayat yang dimaksud.

Informasi lebih lengkap dapat diperoleh di http://digital-quran-v3.blogspot.com/

Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Wassalam