Gilanya Bisnis Game Software

Tahukah anda salah satu bisnis paling menggiurkan di dunia ini? Saya beri tahu, berdasar data... bisnis itu adalah penjualan software (perangkat lunak). Enak kan? Modal hanya otak dan seperangkat komputer sedikit canggih, yang penting kreativitas dan punya skill tinggi. Baca juga tulisan saya sebelumnya "Nintendo Wii, Game Paling Populer, Paling Laris dan Paling Bersahabat untuk Keluarga" dan "Playstation Vs. Xbox, iPod Vs. Zune".

Nah...

Data yang baru saya dapat dari NPD Group, perusahaan riset yang melakukan tracking penjualan software dunia, terutama software game, mengatakan bahwa pasar penjualan software dunia adalah US $804 juta (sekitar Rp 8 triliun). Gilanya... dari total angka segitu, US $363 juta (sekitar Rp 3,5 triliun) adalah untuk 'next generation' game machine saja (yang masuk kategori ini adalah (Microsoft Xbox 360, Sony Playstation3, Nintendo Wii, dan yang portabel Nintendo DS dan Sony PSP).

Yang dapat untung dari sini? Hanya Jepang saja, atau Amerika saja? Tidak lagi, tapi hampir semua negara yang saat ini lagi giat-giatnya membangun 'kekuatan otak' mereka serta super tinggi kreativitasnya seperti India, Cina, Korea Selatan dan mungkin Vietnam...

Di Indonesia, tahun lalu Depdiknas via Dikmenjur nya berencana secara serius untuk membuka jurusan game software development di SMK-SMK di Indonesia. Hebat kan? Saya pikir kalau memang serius pasti bisa. Anak-anak kita punya potensi luar biasa besar untuk bisa melakukannya. Tapi ingat, baru sekedar 'potensi', belum jadi kenyataan...

Gitu...

Bagi yang belum punya gambaran seperti apa sih game software itu? Kalau anda tahu Super Mario Bros dulu, ya itu lah dia... sederhana kan?


Itu yang sederhana, tapi saat ini game software sudah semakin canggih dan rumit serta sangat nyata gambarnya. Ini contoh gambar promosi dari yang terbaru untuk Microsoft Xbox 360, Gears of War.


Posting Komentar

1 Komentar

hypho mengatakan…
Kadang suka percaya gak percaya dengan bisnis online ini, kok bisa mudahnya ya mengumpulkan dollar. Tapi teman2 suka nunjukin juga bukti atay faktanya. Ya memang bisnis itu semakin berkembang ya modus atau modelnya. Kalo games onliene pasti lebih menguntungkan providernya ya?